top of page

Sejarah Alat Pemadam Kebakaran dari Bentuk dan Medianya

Alat Pemadam Kebakaran atau APAR adalah adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. APAR sendiri terus berkembang dari zaman ke zaman. Dari bentuk, kualitas, media di dalamnya semakin disempurnakan untuk memerangi beragam jenis kebakaran. Namun tahukah kamu sejarah terbentuknya APAR?


Alat pemadam api pertama kali ditemukan pada tahun 1723

Sejarah Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pertama yang tercatat dipatenkan pertama kali di Inggris pada 1723 oleh Ambrose Godfrey, seorang ahli kimia terkenal pada waktu itu. Tabung pemadam api pada saat itu terdiri dari tong berisi cairan pemadam kebakaran dan slot timah yang berisi mesiu


Alat pemadam api modern yang ditemukan pada tahun 1818

Setelah itu alat pemadam api modern ditemukan oleh Kapten Inggris George William Manby pada tahun 1818; itu terdiri dari bejana tembaga (13,6 liter) larutan abu mutiara (kalium karbonat) yang terkandung dalam udara terkompresi.


Alat pemadam soda-asam pada tahun 1866 M - 1881 M

Pemadam soda-asam pertama kali dipatenkan pada tahun 1866 oleh Francois Carlier dari Perancis, yang dicampur larutan air dan natrium bikarbonat dengan asam tartarat, memproduksi propelan CO 2gas. Sebuah pemadam soda-asam dipatenkan di AS pada tahun 1881 oleh Almon M. Granger. Alat pemadamnya menggunakan reaksi antara larutan natrium bikarbonat dan asam sulfat untuk mengeluarkan air bertekanan ke dalam api. Sebuah botol asam sulfat pekat disuspensikan di dalam silinder. Tergantung pada jenis pemadam, botol asam dapat pecah dengan salah satu dari dua cara. Yang satu menggunakan pendorong untuk memecahkan botol asam, sedangkan yang kedua melepaskan sumbat timbal yang menahan botol agar tetap tertutup. Setelah asam dicampur dengan larutan bikarbonat, gas karbon dioksida dikeluarkan dan dengan demikian memberi tekanan pada air. Air bertekanan dipaksa keluar dari tabung melalui nosel atau selang pendek.


Alat Pemadam Kebakaran Karbon Tetraklorida pada tahun 1910

Pada tahun 1910, Perusahaan Manufaktur Pyrene dari Delaware mengajukan paten untuk menggunakan karbon tetraklorida (CTC, atau CCl 4) untuk memadamkan api. Cairan menguap dan memadamkan api dengan menghambat reaksi berantai kimia dari proses pembakaran (itu adalah praanggapan awal abad ke-20 bahwa kemampuan pemadaman api karbon tetraklorida bergantung pada penghilangan oksigen). Pada tahun 1911, mereka mematenkan alat pemadam kecil portabel yang menggunakan bahan kimia tersebut. Ini terdiri dari wadah kuningan atau krom dengan pompa tangan terintegrasi, yang digunakan untuk mengeluarkan semburan cairan ke arah api. Biasanya kapasitas 1 liter imperial (1,1 l) atau 1 liter imperial (0,57 l), tetapi juga tersedia dalam ukuran hingga (9,1 l). Karena wadah tidak bertekanan, wadah dapat diisi ulang setelah digunakan melalui sumbat pengisi dengan pasokan CTC yang baru.


Jenis lain dari pemadam karbon tetraklorida adalah granat api. Ini terdiri dari bola kaca yang diisi dengan CTC, yang dimaksudkan untuk dilemparkan ke dasar api (yang awal menggunakan air asin, tetapi CTC lebih efektif). Karbon tetraklorida cocok untuk kebakaran cair dan listrik dan alat pemadam dipasang untuk kendaraan bermotor. Alat pemadam karbon tetraklorida ditarik pada 1950-an karena toksisitas bahan kimia - paparan konsentrasi tinggi merusak sistem saraf dan organ dalam. Selain itu, ketika digunakan pada api, panasnya dapat mengubah CTC menjadi gas fosgen, yang sebelumnya digunakan sebagai senjata kimia.


Alat Pemadam Api Klorin Bromometana 1940 M

Pada tahun 1940-an, Jerman menemukan cairan klorok bromometana (CBM) untuk digunakan di pesawat terbang. Itu lebih efektif dan sedikit kurang beracun daripada karbon tetraklorida dan digunakan sampai tahun 1969. Metil bromida ditemukan sebagai bahan pemadam pada tahun 1920 dan digunakan secara luas di Eropa. Ini adalah gas bertekanan rendah yang bekerja dengan menghambat reaksi berantai api dan merupakan cairan yang paling beracun dari penguapan, digunakan sampai tahun 1960-an. Uap dan produk sampingan pembakaran dari semua cairan yang menguap sangat beracun, dan dapat menyebabkan kematian di ruang terbatas.


Alat Pemadam Kebakaran CO2 pada tahun 1924

Pemadam karbon dioksida (CO 2 ) ditemukan (setidaknya di AS) oleh Perusahaan Walter Kidde pada tahun 1924 sebagai tanggapan atas permintaan Bell Telephone untuk bahan kimia non-konduktif elektrik untuk memadamkan api yang sebelumnya sulit dipadamkan di papan tombol telepon . Ini terdiri dari silinder logam tinggi yang mengandung (3,4 kg) CO2 dengan katup roda dan anyaman kuningan, selang tertutup kapas, dengan klakson seperti corong komposit sebagai nosel. CO2 masih populer saat ini karena merupakan agen pembersih ramah ozon dan banyak digunakan dalam produksi film dan televisi untuk memadamkan stuntman yang terbakar. Karbon dioksida memadamkan api terutama dengan menggantikan oksigen. Pernah diperkirakan bahwa itu bekerja dengan pendinginan, meskipun efek ini pada sebagian besar kebakaran dapat diabaikan. Karakteristik ini terkenal dan telah menyebabkan meluasnya penyalahgunaan alat pemadam karbon dioksida untuk mendinginkan minuman dengan cepat, terutama bir.


Alat Pemadam Api Kimia Kering 1928

Alat pemadam kimia kering awal, yang pertama memiliki silinder tembaga, yang ini baja.

Pada tahun 1928, DuGas (kemudian dibeli oleh ANSUL) keluar dengan alat pemadam kimia kering yang dioperasikan dengan kartrid, yang menggunakan natrium bikarbonat yang diolah secara khusus dengan bahan kimia untuk membuatnya mengalir bebas dan tahan lembab. Ini terdiri dari silinder tembaga dengan internal CO2 kartrid. Operator memutar katup roda di atas untuk melubangi kartrid dan menekan tuas pada katup di ujung selang untuk mengeluarkan bahan kimia. Ini adalah agen pertama yang tersedia untuk kebakaran cair dan gas bertekanan tiga dimensi skala besar, dan sebagian besar tetap merupakan jenis khusus sampai tahun 1950-an, ketika unit kimia kering kecil dipasarkan untuk digunakan di rumah. Bahan kimia kering ABC datang dari Eropa pada 1950-an, dengan Super-K ditemukan pada awal 60-an dan Purple-K dikembangkan oleh Angkatan Laut AS pada akhir 1960-an.


Alat Pemadam Api Halon 1970

Pada 1970-an, Halon 1211 datang ke Amerika Serikat dari Eropa, di mana ia telah digunakan sejak akhir 40-an atau awal 50-an. Halon 1301 telah dikembangkan oleh DuPont dan Angkatan Darat AS pada tahun 1954. Kedua 1211 dan 1301 bekerja dengan menghambat reaksi berantai api, dan dalam kasus Halon 1211, bahan bakar kelas A pendinginan juga. Halon masih digunakan sampai sekarang, tetapi tidak disukai untuk banyak penggunaan karena dampak lingkungannya. Indonesia sendiri sudah melarang penggunaan Halon karena merusak lingkungan. Eropa Dan Australia juga sudah telah sangat membatasi penggunaannya, sejak Protokol Montreal tahun 1987. Pembatasan yang lebih ringan telah diterapkan di Amerika Serikat, Timur Tengah, dan Asia.


Nah itu dia sejarah Alat Pemadam Api di dunia sampai saat ini yang sering kamu temukan dan gunakan, ternyata sudah mengalami perkembangan dari masa ke masa hingga akhirnya menjadi alat pemadam yang modern dan aman seperti sekarang ini seperti Servvo.



sejarah bentuk alat pemadam kebakaran
Revolusi APAR dari masa ke masa

1.255 tampilan
bottom of page