Antisipasi Kebakaran di Mobil, Ini Yang Perlu Kamu lakukan. Nomer 5 Paling Penting!



Walau kebanyakan kebakaran mobil karena hubungan arus pendek kelistrikan, namun bukan berarti tak ada penyebab lainnya. Karena itu sangat penting bagi pemilik mobil memperhatikan kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat mobil terbakar.

Lalu, apa yang bisa kamu lakukan untuk mencegah mobil kesayangan terbakar? Berikut 6 di antaranya.


1. Cek Oli Mesin Mobil

Karena usia atau malas memeriksa, oli mesin dapat mengalami kebocoran lho! Tetesan oli mesin dapat terbakar bila mengenai bidang panas seperti pipa knalpot. Di samping itu, jika kamu tidak rutin mengganti oli sesuai ketentuan, maka senyawa kimia dalam oli akan berubah dan memicu kebakaran.


2. Perhitungkan Modifikasi Kelistrikan Mobil

Proses modifikasi yang berlebihan atau diluar standart pabrik kendaraan aslinya, jika dilakukan tanpa perhitungan dapat membuat sistem kelistrikan bermasalah dan bisa menjadi penyebab kebakaran.


Baca juga : Pentingnya memiliki APAR


3. Hindari Headlamp atau Foglamp Berdaya Besar

Sangat tidak dianjurkan untuk mengganti bohlam headlamp atau foglamp dengan watt yang lebih besar atau menggunakan produk after market yang tidak jelas. Kapasitas watt yang lebih besar dari standar akan menyebabkan aki terkuras dan berpotensi mengakibatkan panas yang mampu mengakibatkan kebakaran.


4. Cek Ruang Mesin Mobil

Terkadang saat kamu sedang melakukan pembersihan mesin mobil, kain lap atau material lain tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Karena itu pastikan selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.


Baca juga : Yuk kenali bagian APAR dan fungsinya


5. Pasang Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Saat ini, pemerintah mewajibkan untuk memiliki 1 APAR pada setiap mobil. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kebakaran dan menjadi pencegahan pertama kebakaran.


Mobil-mobil baru saat ini juga telah dilengkapi APAR, tempat penyimpanannya sebagian besar berada di bawah bangku penumpang depan sebelah pengemudi. Mengenai Kriteria, APAR khusus mobil harus mudah dijangkau oleh pengemudi maupun penumpang dan mudah digunakan saat indikasi kebakaran.


6. Servvo Ve-Ex Pencegahan Kebakaran yang Harus Dimiliki!


APAR Mobil
APAR Mobil Servvo Ve-Ex

Dengan mempunyai Servo Ve-Ex artinya kamu tau tata cara memilih APAR yang benar, karena APAR Servvo sudah bersertifikat SNI dan sudah teruji serta terjamin kualitasnya.


Dengan desain minimalis yang sangat mudah di gunakan, kamu hanya perlu menekan 1 tombol untuk memadamkan api dengan cepat. Jadi, sangat aman digunakan di mobil kamu.


Jadi, kamu Harus punya Servvo ya sobat sebagai perlindungan pertama dari kebakaran.


23 tampilan