Waspada Kebakaran, Ini 4 Penyebab Kebakaran di Rumah dan Cara Pencegahannya!


Beberapa penyebab kebakaran rumah
4 penyebab kebakaran dirumah yang harus kamu ketahui

Sahabat Servvo, kebakaran adalah musibah yang sulit di prediksi. Namun, penyebab rumah terbakar bisa diketahui bukan dihindari. Berikut ini Servvo kasih tau 4 penyebab kebakaran di rumah yang harus kamu ketahui serta cara pencegahan dini ketika kebakaran.


1. Kebocoran Tabung Gas

Tidak dipungkiri banyak kebakaran rumah berawal dari kebocoran tabung gas, bocornya tabung gas disebabkan karena tabung tersebut sudah berumur, dan bisa juga karena oknum yang tak bertanggung jawab mengedarkan tabung gas bekas yang tidak berkualitas.


Jadi hati - hati kalau kamu mau pasang gas dirumah ya, pastikan kamu sudah mengecek seluruh bagian tabung, lalu pasang dengan benar sehingga tidak ada suara berdesis dan bau gas yang menyengat sebelum kamu menyalakan kompor.

Baca juga: Tips Mengatasi Kebocoran Gas

2. Lupa Mematikan Kompor

Memasak adalah hal rutin di rumah, namun terkadang ketika selesai memasak kita lupa mematikan kompor, sehingga sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kebakaran.


Apalagi kalo ada bahan yang mudah terbakar di area dapur kamu, itu bisa jadi sangat fatal. Pastikan kalau sedang memasak sesuatu ditunggu sampai selesai ya.


3. Korsleting Kabel

Kabel listrik yang sudah aus, rusak dan usang terkadang dapat menjadi penyebab kebakaran. Jika sampai kabel terkena air, maka akan terjadi korsleting, dan jika korslet menyambar ke benda yang mudah terbakar akan menimbulkan api, dan akan menyebar menjadi kebakaran.

Baca juga: Bahaya Menumpuk Banyak Terminal di Stop Kontak


4. Membuang Rokok Sembarangan

Nah bagi kamu yang merokok di rumah, jangan buang puntung rokok kamu yang masih nyala sembarangan ya! karena bisa saja terkena benda yang mudah terbakar seperti kain, kertas, atau busa yang mudah merambat sehingga dapat menjadi penyebab kebakaran di rumah.

Baca juga : PENTINGNYA MEMILIKI APAR


Itulah 4 Penyebab kebakaran beserta pencegahan agar tidak terjadi kebakaran di rumah. Supaya lebih aman kamu juga dapat menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dari Servvo sebagai pencegahan pertama kebakaran.


Dengan mempunyai APAR dari Servvo, kamu sudah melakukan langkah tepat untuk melindungi aset berharga dan keluarga kamu di rumah. Karena APAR sangat berguna sekali untuk memadamkan api ketika terjadinya awal kebakaran.

Foto berbagai macam APAR Servvo
Berbagai macam pilihan APAR Servvo


35 views