top of page

Mengenal Sistem Kerja Apar Thermatic dan Cara Merawatnya

APAR Servvo Thermatic

Selain Alat Pemadam Api Ringan yang banyak digunakan, sistem pemadam api yang sering digunakan adalah Fire Hydrant, alat pemadam yang bekerja dengan media berupa air yang dinilai paling murah dan efektif untuk memadamkan api. Meskipun sistem Fire Hydrant masih sering digunakan untuk diluar ruangan, namun banyak juga penanggung jawab yang memilih sistem lain atau media APAR lainnya sebagai proteksi bangunan dari bahaya kebakaran.

Untuk di dalam ruangan salah satu sistem unggulan tersebut adalah sistem pemadam api Thermatic. Sistem dari apar Thermatic itu sendiri merupakan sebuah sistem proteksi kebakaran yang bekerja secara otomatis tanpa memerlukan operator atau tenaga manusia. Thermatic sendiri dilengkapi dengan sprinkler dan diinstalasikan secara modular di atas plafon ataupun tersembunyi di balik plafon dengan jumlah yang disesuaikan dengan skala kebutuhan berdasarkan jenis risiko kebakaran maupun luas bangunan atau lokasi yang akan dilindungi.


Apa bedanya Thermatic dengan Metronic ?

Bedanya APAR Thermatic dengan APAR Metronic adalah, APAR Metronic bisa dikoneksikan dengan panel system pengindraan kebakaran atau panel Alarm System, Metronic ini biasanya disebut dengan “Thermatic Cerdas” karena sebelum adanya percikan api, Metronic dengan disambungnya dengan Fire Alarm System (keluarnya asap sebagai sinyal kebakaran) bisa langsung mengeluarkan media sebelum percikan api terjadi.


Bagaimana cara kerja dari APAR Thermatic ?

Cara kerja sistem alat pemadam api Thermatic atau Auto Sprinkler ini adalah dengan mendeteksi kenaikan suhu yang drastis. Thermatic akan mendeteksi suhu tinggi, mulai dari suhu setinggi 57 derajat C bulb sprinkler akan pecah dan media bahan pembersih has secara otomatis akan disemprotkan keseluruh ruangan untuk memadamkan api. pemilihan tingkat kesensitifan panas tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan jenis lokasi atau bangunan. Media yang digunakan berupa Clean Agent, sehingga ini sangat cocok untuk digunakan di ruang server, ruang komputer, laboratorium, ruang panel, dan lain - lain karena bebas residu (tidak meninggalkan bekas).


Cara merawat tabung APAR Thermatic

Merawat tabung APAR Thermatic pada umumnya juga hampir sama dengan APAR jenis lainnya, seperti memastikan media APAR tidak kadaluarsa, tabung tidak retak, pastikan APAR tidak terpapar sinar matahari dan kondisi fisik lainnya. Memeriksa secara rutin indikator dari tekanan juga perlu dilakukan untuk memastikan tekanan di tabung tersebut sesuai dengan standard. Khusus untuk APAR Thermatic, pastikan bulb sprinkler masih utuh dan bisa berfungsi secara optimal, tidak ada kebocoran di bagian tersebut.


Agar lebih aman lagi, kalian para pengguna APAR Servvo dapat mengecek garansi tabung alat pemadam api kalian melalui aplikasi KlikServvo. Disitu kalian bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai tabung apar kalian dan bisa langsung menghubungi customer care kami mengenai layanan servis kami.


Tempat APAR Thermatic digunakan


1.938 tampilan
bottom of page