top of page

Mengapa Mobil Listrik Lebih Sulit Dipadamkan?

Semakin maraknya kendaraan listrik, semakin banyak pula kasus kebakaran pada mobil listrik. Sebenarnya apa penyebab dari kebakaran di kendaraan listrik? Menurut Bapak Gideon Yonathan selaku Direktur PT Servvo Fire Indonesia dan Anggota Komisi Teknik Bagian Pemadam menuturkan bahwa penyebabnya adalah baterai, dan kebakaran pada baterai ini suhunya bisa mencapai 1000 derajat celcius lebih dan tidak bisa dipadamkan oleh APAR konvensional karena kelas kebakaran pada baterai berbeda dengan kelas kebakaran pada umumnya, yaitu Lithium-Ion.



Runaway Thermal


Lalu kenapa kebakaran pada mobil listrik lebih sulit dipadamkan? Ini karena saat kendaraan listrik terbakar, tegangan pada baterai dapat menciptakan fenomena yang disebut runaway thermal yaitu baterai menjadi terlalu panas dan menyulut sel lain, sehingga api akan benar-benar padam saat energi panasnya sudah habis. Sehingga butuh APAR listrik dengan media khusus untuk bisa memberhentikan runaway thermal tersebut sehingga tidak bisa merambat ke sel yang lain.


SV-5 Solutions yaitu APAR yang sudah dikembangkan khusus untuk kendaraan seperti mobil/motor listrik. SV-5 Solution juga bisa memadamkan kelas kebakaran A (Benda Padat), B (Cairan), C (Listrik) dan L (Lithium-Ion). “Ini sudah kita lakukan Uji Coba dan sudah ber-SNI dan harapannya semoga bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk pemadaman karena kebakaran Lithium-Ion” Ucap, Bapak Gideon Yonathan.



SV-5 Solution








17 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page