top of page

Tetap Tenang, Ini Cara Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja Anda !


penanggulangan kebakaran di empat kerja

Tentu Api adalah salah satu hal yang paling ditakuti di semua tempat. Tidak hanya menimbulkan kerusakan, api juga bisa menyebabkan kematian. Contohnya di tempat kita bekerja seperti di pabrik, kantor, di restoran atau dimanpun yang memiliki potensi terjadinya kecelakaan kebakaran.


Memang tidak banyak yang tahu, tetapi penyebab terjadinya kebakaran juga mempunyai beberapa faktor, baik itu dari keteledoran manusia atau kecelakaan eksternal dari benda itu sendiri.


Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mencegah kebakaran di tempat kerja anda, yuk disimak berikut !


Faktor penyebab kebakaran di tempat kerja

Pertama, kita harus mengenali biasanya apa saja yang menyebabkan kebakaran di kantor, contoh kasusnya adalah :


Penggunaan Kabel

Dalam penggunaan kabel di lokasi tempat kerja juga harus diperhatikan. Biasanya, penyebab kebakaran yang sering terjadi karena penggunaan kabel karena kabel yand digunakan sudah usang, tidak layak pakai atau bahkan sudah digigit oleh tikus dan menyebabkan pembungkus kabel rusak yang mengakibatkan korslet.


Kondisi tersebut penting untuk di cek secara berkala, agar kebakaran tidak terjadi. Jika sudah terjadi, maka korslet akan menyebabkan percikan api dan bisa menyebabkan kantor terbakar keseluruhan. Solusi yang dilakukan adalah cobalah menghubungi spesialis dari instalasi listrik tersebut dan kabel tersebut diganti secepatnya.


Stop kontak longgar

Kalau tadi kita membahas mengenai kabelnya, disini kita akan membahas stop kontak yang sudah tidak layak pakai. Jika stop kontak kalian longgar, ini akan menyebabkan arus listrik yang tidak baik dan membuat arus listrik terputus secara terus menerus dan adanya tabrakan antara listrik positif dan negatif. Sehingga akan menyebabkan percikan api di dalam stop kontak tersebut.


Jika sudah mengetahui stop kontak longgar, jangan lagi menggunakan stop kontak tersebut, atau tandai dengan menutup stop kontak tersebut sampai melapor pada petugas listrik.


penanggulangan di tempat kerja


Lupa mematikan kompor

Dimana saja kita menggunakan kompor, maka potensi untuk kebakaran juga pasti ada. Sering kita temui di kantor, dimana biasanya ada kantin atau tempat untuk istirahat, kita perlu memperhatikan penggunaan kompor. Misalnya setelah menggunakannya, pastikan kompor sudah tertutup dan mati dengan sempurna agar tidak kehabisan gas.


Jika kompor lupa dimatikan gas yang akan bisa menyulut api sekitar kompor tersebut dan bisa meledak. Jadi jangan lupa untuk mematikan kompor ya !


Puntung rokok dibuang sembarangan

Puntung rokok juga dapat menyebabkan kebakaran dari abu-abu yang berterbangan dan menyulut api ke bahan yang mudah terbakar. Jika anda bekerja di pabrik yang mempunyai kawasan mudah terbakar seperti laboratorium yang mempunyai bahan bahan kimia yang mudah terbakar, pastikan jika anda merokok menjauh dari area tempat kerja anda, karena dapat mengakibatkan kecelakaan yang fatal.


Kelebihan muatan dari stop kontak

Kelebihan penggunaan colokan listrik di satu stop kontak juga memicu sebuah kebakaran di kantor. Kamu pasti pernah melihat colokan stop kontak yang penggunaannya lebih dari 1 colokan kan ? dalam hal ini, pastikan tidak menggunakan device yang melebihi 13 ampere dan 3000 watt.


Kelima hal tersebut merupakan hal umum penyebab kebakaran di kantor atau di tempat kerja anda. Lalu langkah apa yang perlu dilakukan untuk mencegah hal tersebut lebih lanjut ?


Sediakan APAR untuk Penanggulangan kebakaran di tempat kerja anda !

Penempatan APAR di kantor sudah menjadi salah satu standarisasi setiap pembangunan menurut peraturan menteri tenaga kerja dan transmigrasi (Permenaker) 04 tahun 1980.


Sebenarnya, APAR di tempat kerja anda merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pemilik perusahaan, untuk apa ? Untuk keselamatan bersama terutama tanggung jawab terhadap karyawannya. Jadi pastikan tempat kerja anda memiliki APAR untuk memastikan keselamatan bersama dan cara untuk penanggulangan kebakaran di tempat kerja anda ya !


留言


bottom of page