Sebelum membeli APAR, Wajib Tau apa itu Fire Rating!


Apa itu Fire Rating?
Fire Rating Pada APAR

Jadi, Fire Rating itu apa sih?

Fire Rating adalah Kemampuan alat pemadam dalam memadamkan kebakaran yang diberi kode huruf dan angka contohnya 2A 10B, 3A 15B, 4A 20B dsb. Huruf menunjukkan kelas kebakaran & Nomor menunjukkan ukuran besarnya api yang dapat dipadamkan.

Fire Danger Rating
Fire Danger Rating

Lalu bagaimana menentukan Fire Rating?

Penentuan Fire Rating harus berdasarkan hasil pengujian lab Damkar yang disesuaikan dengan kelas kebakarannya yaitu A,B,C & D. Sementara angka menunjukkan besaran ukuran api pada saat pengujian, semakin besar angka yang ditunjukkan, maka semakin besar pula api atau kebakaran yang dapat dipadamkan oleh alat pemadam tersebut.


Baca juga : Tips Memilih APAR sesuai Klasifikasi Kebakaran


Kenapa harus tau Fire Rating?


Dengan kamu mengetahui apa itu fire rating, maka pemilihan jenis alat pemadam api akan menjadi lebih selektif sesuai dengan kebutuhan. Karena pada setiap label tabung pemadam api selalu mencantumkan fire rating sebagai informasi kemampuan daya padam terhadap kebakaran dan kelas api.

APAR Servvo dengan Fire Rating tinggi
APAR Servvo dengan Fire Rating tinggi

Misalnya kamu ingin membeli APAR untuk sebuah mobil MPV, direkomendasikan untuk membeli APAR dengan Fire Rating 2A 10B. Pastinya harus yang sudah bersertifikat SNI ya.


Baca juga : Antisipasi Kebakaran di Mobil, Ini Yang Perlu Kamu lakukan.


Fire Rating Servvo Ve-Ex

 Servvo Ve-Ex dimobil
Servvo Ve-Ex pada mobil

Servvo Ve-Ex memiliki Fire Rating 2A 10B yang artinya mampu memadamkan api setara 64 potong kayu dengan 10 susun dan mampu memadamkan api setara dengan 60 liter bahan bakar. Servvo Ve-Ex menggunakan Chemical Powder sebagai media untuk memadamkan api untuk kelas A,B, dan C.




Tanya Seputar APAR Servvo Ve-Ex dengan Customer Care kami







187 tampilan