Tips Memilih APAR sesuai Klasifikasi Kebakaran


Tips memilih APAR sesuai klasifikasi kebakaran
Tips memilih APAR

Apa sih Klasifikasi kebakaran?

Klasifikasi kebakaran dimaksudkan untuk mengetahui kelas-kelas (golongan) kebakaran atau sumber penyebab terjadinya api supaya jenis APAR yang dipergunakan efektif dalam mengendalikan kebakaran tersebut. Dalam Permenaker No. Per-04/MEN/1980, kelas atau golongan kebakaran dibagi menjadi 4 golongan yaitu Golongan A, B, C dan D.

Beberapa simbol klasifikasi kebakaran
Ilustrasi simbol kelas kebakaran

Berikut ini adalah Kelas atau Golongan Kebakaran beserta Jenis APAR yang efektif untuk memadamkannya :


1. Kebakaran Kelas A

kebakaran kelas A
Kebakaran Kelas A

Kebakaran Kelas A adalah kebakaran disebabkan bahan-bahan padat kecuali non-logam seperti Kertas, Plastik, Kain, Kayu, Karet dan lain sebagainya.


Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas A adalah APAR jenis Cairan (Water), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).


2. Kebakaran kelas B

Kebakaran kelas B
Kebakaran kelas B

Kebakaran Kelas B adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti Minyak (Bensin, Solar, Oli), Alkohol, Cat, Solvent, Methanol dan lain sebagainya.


Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas B adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2), APAR jenis Busa (Foam) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).


3. Kebakaran Kelas C

Kebakaran Kelas C
Kebakaran Kelas C

Kebakaran Kelas C adalah kebakaran yang disebabkan oleh Instalasi Listrik yang bertegangan. Jenis APAR yang cocok untuk memadamkan kebakaran Kelas C adalah APAR jenis Karbon Diokside (CO2) dan APAR jenis Tepung Kimia (Dry Powder).


4. Kebakaran Kelas D

Kebakaran Kelas D
Kebakaran Kelas D

Kebakaran Kelas D merupakan kelas kebakaran yang dikarenakan oleh bahan-bahan logam yang mudah terbakar seperti sodium, magnesium, aluminium, lithium dan potassium. Kebakaran Jenis ini perlu APAR khusus dalam memadamkannya.


5. Kebakaran Kelas K


Kebakaran kelas K merupakana kebakaran yang disebabkan oleh minyak seperti minyak nabati, minyak sawit dll. Kebakaran kelas K baru di tetapkan oleh BSN pada SNI Wajib tahun 2021 terkait bahan pemadam untuk kebakaran khusus. Sama seperti kebakaran kelas D, kebakaran Jenis ini juga perlu APAR khusus untuk memadamkannya.


Yuk gunakan APAR dari Servvo yang berkualitas dan berstandar SNI! Ingat ya, Think Safety Think Servvo!




62 tampilan