Waspada! Ini 4 Penyebab Utama Mobil Terbakar yang Harus Kamu Tau!


Penyebab Utama Mobil Terbakar
Penyebab Utama Mobil Terbakar yang Harus Kamu Tau!

Mobil terbakar memang mempunyai beberapa penyebab, dan penyebab kebakaran tersebut sebagian besar tidak kita ketahui secara langsung. Nah kita tentu tidak ingin bukan jika kebakaran terjadi dimobil kita sendiri? Nah kali ini Servvo akan sharing sedikit mengenai beberapa penyebab mobil terbakar. Yuk simak penjelasan berikut.


1. Terjadinya Kecelakaan


Benturan dan gesekan yang terjadi akibat kecelakaan, berpotensi menimbulkan percikan api. Percikan api ini tidak jarang menyulut api yang lebih besar, terutama jika terjadi kebocoran pada tangki bahan bakar. Percikan yang terjadi bisa saja menyentuh bahan bakar yang menetes dan menyulut api. Jika sudah begitu, api akan dengan cepat menyebar bahkan menimbulkan ledakan.


2. Suhu Mesin yang Terlalu Tinggi (Overheat)


Penyebab klasik yang terkadang disepelekan adalah mesin kepanasan atau overheat. Perlu Anda ketahui bahwa suhu mesin yang terlalu tinggi akan membuat oli seolah mendidih dan pada akhirnya akan menyebabkan kebocoran oli. Kebocoran oli inilah yang membahayakan, karena api bisa saja terpicu akibat dari kebocoran tersebut.


Baca juga : Servvo Fire Indonesia, Produsen APAR Lokal Turut Hadir di Event Otomotif GIIAS 2021


3. Kebocoran Oli dan Tangki Bahan Bakar


Kebocoran pada oli dan tangki bahan bakar tidak diragukan lagi dapat menyebabkan kebakaran, terutama jika suhu mobil melebihi batas yang seharusnya. Ketika suhu melampaui batas, kemungkinan akan muncul api yang akan menyulut bensin, membakar tangki dan terjadilah kebakaran mobil. Untuk meminimalisir potensi terjadinya hal tersebut, periksalah saluran oli dan tangki bahan bakar secara rutin.


4. Kerusakan pada Komponen Listrik


Mobil modern selalu dilengkapi dengan komponen–komponen listrik untuk mendukung kinerja dari fitur–fitur modern di dalamnya. Komponen listrik dan aliran kelistrikan yang saling terhubung dan menyebar ke seluruh bagian mobil memiliki potensi besar dalam memicu kebakaran yang disebabkan oleh rusaknya komponen listrik.


Baca juga : Pemerintah Mewajibkan APAR Pada Kendaraan Roda Empat atau Lebih


Dari penjelasan diatas, kita bisa tarik kesimpulan bahwa kebakaran mobil memiliki dampak yang sangat merugikan bagi kita manusia, baik materiil atau immateriil. Namun sebenarnya kebakaran bisa dicegah dengan mengantisipasi resiko kebakaran dimobil .


Salah satunya dengan mempunyai APAR dari Servvo. Servvo Ve-Ex adalah APAR yang di rekomendasikan untuk kendaraan roda empat, dan sudah di pakai di mobil keluaran terbaru 2021 dari brand otomotif besar seperti Suzuki, Honda, Toyota, Daihatsu, Hino. Tentunya sangat berkualitas tinggi dan telah bersertifikat SNI. Ayo Mulai Siap Siaga dengan Servvo Ve-Ex!



20 tampilan