• Servvo Fire Indonesia

Yuk Kenali Bagian - Bagian di APAR dan Fungsinya

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan, merupakan alat keselamatan yang sangat penting. Maka dari itu kita harus memastikan alat keselamatan selalu berfungsi dengan baik dan siap pakai. Kali ini SERVVO akan membahas bagian - bagian di APAR dan fungsinya.





1. Hose / Selang

Selang atau bisa juga disebut hose di dalam APAR berfungsi untuk menyalurkan media pemadam api dari dalam tabung menuju ke ujung nozzle

2. Nozzle

Bagian nozzle adalah corong keluarnya media pemadam api menuju ke titik api. Sehingga, kebakaran dapat dipadamkan. Jadi, pastikan nozzle tidak tersumbat, agar media pemadam api bisa keluar dengan maksimal.

3. Handle / Tuas

Tuas APAR atau handle berfungsi untuk membuka spindle. Saat tuas APAR ditekan, maka gas bertekanan akan membawa media pemadam api keluar dari dalam tabung APAR.

4. Tabung

Tabung berfungsi untuk menyimpan media di dalam APAR.

5. Safety Pin

Komponen ini berfungsi untuk menahan tuas APAR saat APAR tidak digunakan. Sehingga, jika tuas APAR tidak sengaja tertekan, tidak akan mengakibatkan media pemadam api keluar. Jadi, jika kamu mau menggunakan APAR harus mencabut safety pin terlebih dahulu supaya tuas APAR bisa ditekan.

5. Pressure Gauge

Ini adalah komponen yang digunakan untuk mengecek tekanan di dalam tabung APAR.


Nah itu dia bagian - bagian penting di APAR, jangan lupa untuk selalu check keadaan APAR kamu secara berkala agar APAR selalu dalam keadaan baik dan siap di pakai kapanpun ya! Because #Safetyisnotanoption


  • Instagram
  • facebook
  • youtube
  • twitter
  • LinkedIn

Support

Serial Number

Business Partner

FAQ

Head Office

Pusat Niaga Roxy Mas Blok D5/17, Jl. K.H Hasyim Ashari, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10150.

Factory

Jl. Lingkar Selatan No.8 Legok, Tangerang Banten 15820.

Blog

Copyright © 2020 by PT Servvo Fire Indonesia