top of page

Apa Perbedaan APAR dan APAB?

APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / APAP (Alat Pemadam Api Portabel) biasanya berbentuk tabung dan beratnya mulai dari ½ Kg sampai 9 Kg sesuai kebutuhan. Bedanya dengan APAB (Alat Pemadam Api Berat) biasanya berbentuk Trolley dengan berat kisaran 20 s/d 100 Kg. APAB pada umumnya dilengkapi dengan 2 buah roda untuk memudahkan mobilitas penggunaan.



APAR (Alat Pemadam Api Ringan) Servvo Powder 3 kg dan APAB (Alat Pemadam Api Berat) Servvo Foam 30 L
SERVVO APAR & APAB


Selain dari segi berat dan bentuk berikut beberapa perbedaan antara APAR dan APAB;


  1. Segi Jangkauan

APAR hanya memiliki jangkauan pemadaman yang terbatas. sedangkan APAB yang dapat menjangkau lebih luas hingga 50 m dan biasanya digunakan di tempat yang lebih luas seperti bandara, pabrik dan perkantoran.


  1. Segi Tekanan

APAR memiliki tekanan dari campuran media seperti Foam Aqueous Film Forming (AFF). CO2 dan Dry Chemical Powder. Maka dari itu, penggunaan APAR dapat menekan tuas katup telebih dahulu, sedangkan APAB memiliki tekanan tidak langsung dengan memiliki cartridge yang menyimpan gas pendorong untuk menghasilkan kekuatan yang besar untuk mengeluarkan media.


Keduanya memiliki penggunaan dan fungsi yang sama yaitu memadamkan api. Silahkan memilih alat pemadam api yang tepat untuk kondisi yang anda perlukan. pastikan APAR / APAB anda sudah bersertifikasi dan teruji seperti produk Servvo.


bottom of page