top of page

Kebakaran Kapal Sering Terjadi ! Ini 3 Cara Mengatasinya !

Untuk sobat Minvo yang bekerja sebagai seorang pelaut, pasti mengetahui resiko apa yang bisa terjadi di atas kapal bukan ? Di kapal tentu bisa terjadi potensi kebakaran kapal.


Dengan demikian kita perlu mengetahui apa yang perlu dilakukan awak kapal atau orang awam pun saat terjadinya kebakaran di kapal.


Lalu, apa penyebab umum dari kebakaran Kapal ?


Sebuah kapal menjadi salah satu tempat yang berpotensi dalam kecelakaan kebakaran. Dilansir dari maritim news, kebakaran di kapal biasanya terjadi saat pipa bahan bakar bertekanan tinggi yang mengalami kebocoran pada tangki bagian bawah mesin kapal yang biasanya disebut tangki bahan bakar.


Nah.. ini merupakan hal penting untuk sobat Minvo bahwa selalu mengecek bagaimana alarm sistem bekerja dengan baik. Atau bisa saja sering diadakan sebuah pelatihan atau simulasi untuk para awak kapal agar tetap terlatih dalam penanganan kecelakaan kebakaran.


Kasus kebakaran ini biasanya paling berpotensi terjadi di kamar mesin. Klem pipa dapat bergesekan dengan pipa itu sendiri yang dapat mengakibatkan pipa aus dan berujung lubang. Kebocoran pada boiler inilah yang menyebabkan kebakaran yang terjadi di kamar mesin.


Ini yang harus dilakukan saat kebakaran di Kapal !


Langkah penting yang harus dilakukan oleh semua awak kapal adalah, Tetap Tenang ! Dengan bersikap tenang kita dapat berfikir secara lurus dan menentukan langkah apa yang selanjutnya.

  1. tentu untuk menjaga keselamatan diri sendiri, pastikan anda mencari pelampung untuk menjaga-jaga apabila anda perlu melarikan diri meninggalkan kapal. Untuk mengevakuasi dalam keadaan darurat, penumpang bisa mengikuti arahan evakuasi secepatnya.

  2. ketahui jenis kebakarannya apa. Berbeda jenis kebakaran, berbeda juga cara penanganannya. Kebakaran yang terjadi di kapal biasanya kebakaran kelas B, C dan D.

  3. Gunakan APAR untuk memadamkan api. Penggunaan APAR juga sangat penting dan harus tersedia setiap saat di dalam kapal. Pastikan tabung APAR terjaga dan kualitasnya masih baik dari segi tampilan tabungnya (berkarat atau tidak), masa kadaluarsanya dan kualitas media di dalam APAR tersebut

Cara Mencegah kebakaran di Kapal

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah atau mempersiapkan sebelum terjadi kebakaran di kapal, salah satunya adalah memasang sebuah alat detektor.


Ada beberapa jenis detektor yang perlu di gunakan dalam kapal :

  1. Detektor Api : alat ini untuk mendeteksi adanya percikan api di sebuah ruangan. Alarm akan berbunyi ketika adanya percikan api kecil sebesar 25 hz.

  2. Detektor Panas : Detektor ini memiliki satu strip tebal dan strip tipis. Strip tipis lebih "sensitif" untuk mengukur kenaikan suhu daripada strip tebal.



3.154 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page