top of page

Yuk Kenali bagian bagian APAR dan fungsinya masing-masing !

APAR atau Alat Pemadam Api Ringan adalah alat keselamatan yang sangat penting untuk keselamatan di tempat umum. Maka dari itu kita harus memastikan alat keselamatan selalu berfungsi dengan baik dan siap pakai. Kali ini SERVVO akan membahas bagian bagian di APAR dan fungsinya.


kelima bagian bagian apar yang perlu diketahui

1. Hose / Selang

Selang atau bisa juga disebut hose di dalam APAR berfungsi untuk menyalurkan media pemadam api dari dalam tabung menuju ke ujung nozzle. Selang ini merupakan bagian apar yang harus di perhatikan karena jika terjadi kebocoran akan berakibat fatal kepada penggunanya.

2. Nozzle

Bagian nozzle adalah corong keluarnya media pemadam api menuju ke titik api. Sehingga, kebakaran dapat dipadamkan. Jadi, pastikan nozzle tidak tersumbat, agar media pemadam api bisa keluar dengan maksimal.

3. Handle / Tuas

Tuas APAR atau handle berfungsi untuk membuka spindle. Saat tuas APAR ditekan, maka gas bertekanan akan membawa media pemadam api keluar dari dalam tabung APAR.

4. Tabung

Tabung berfungsi untuk menyimpan media di dalam APAR. Sebagai pengguna APAR, kalian juga perlu memastikan APAR ini

5. Safety Pin

Komponen ini berfungsi untuk menahan tuas APAR saat APAR tidak digunakan. Sehingga, jika tuas APAR tidak sengaja tertekan, tidak akan mengakibatkan media pemadam api keluar. Jadi, jika kamu mau menggunakan APAR harus mencabut safety pin terlebih dahulu supaya tuas APAR bisa ditekan.

bagian-bagian apar dan fungsinya

6. Pressure Gauge

Ini adalah komponen yang digunakan untuk mengecek tekanan di dalam tabung APAR. Pastikan jarum indikator di APAR tersebut selalu di dalam kondisi aman (jarum terletak di area hijau) jika sudah terpakai biasanya tekanan akan menurun (jarum berpindah terletak di area merah) dan disarankan perlu kamu isi ulang atau cek APAR mu di toko APAR terdekat.


Nah itu dia bagian - bagian penting di APAR, jangan lupa untuk selalu check keadaan APAR kamu secara berkala agar APAR selalu dalam keadaan baik dan siap di pakai kapanpun ya! Because "Safety Its Not An Option, Its A Priority"


8.620 tampilan
bottom of page