top of page

MENGENAL APA ITU JENIS APAR FOAM DAN KEGUNAANNYA (APAR AFFF)


APAR jenis Foam

Bagi yang ingin memiliki alat pemadam api atau membutuhkan APAR, perlu mengetahui jenis-jenis alat tersebut. Berbeda jenisnya, beda juga fungsinya dan digunakan untuk apa saja. Salah satunya adalah APAR Foam AFFF.


Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam, kegunaan APAR FOAM dalam mengatasi masalah kebakaran dan lainnya, yuk disimak !


Definisi APAR FOAM Jenis AFFF

APAR Foam AFFF (Aqueous FIlm Foaming Foam) adalah jenis alat pemadam api yang berisi 2 jenis media yang di dalamnya yaitu campuran air dan beberapa jenis surfaktan hidrokarbon, seperti : sulfat sodium alkyl dan fluoro surfactant (fluorotelomers, asam perfluorooctanoic (PFOA) dan asam perfluorooctanesulfonic (PFOS)).

Hasil dari gabungan media tersebut akan mengeluarkan foam berwarna putih yang berguna untuk memadamkan api.


APAR Foam Servvo

Cara kerjanya pun hampir sama dengan alat pemadam lainnya, yaitu media yang keluar (Foam) akan menutupi pangkal oksigen yang mengakibatkan kobaran api dengan demikian api akan padam dengan cepat.


Kelas kebakaran yang diatasi oleh APAR Foam

Seperti yang kita ketahui, fungsi dari APAR adalah memadamkan kebakaran berskala kecil.Tetapi setiap tipe APAR yang digunakan tentu mempunyai fungsi yang berbeda beda dan media yang berbeda juga.


Jenis-jenis kelas kebakaran yang bisa ditangani oleh APAR Foam adalah Kebakaran jenis kelas A dan B. Kebakaran kelas A yaitu kebakaran yang terjadi pada benda padat non-logam mudah terbakar seperti kayu, kertas, kain dan lainnya.


Kebakaran Kelas A

Sedangkan kebakaran kelas B merupakan kebakaran yang terjadi di benda cair yang mudah terbakar seperti Minyak, alcohol atau solvent.

Mudahnya, media foam sangat efektif bagi kebakaran yang tidak bisa dipadamkan oleh air, misalnya kebakaran yang disebabkan oleh minyak. Karena kita tau air dan minyak tidak bisa bercampur.


Tetapi dari kedua kelas kebakaran tersebut, APAR Foam justru lebih sering digunakan untuk kelas kebakaran B, Mengapa ? Karena media Foam yang dihasilkan memiliki sifat alcohol resistant yang mampu memutuskan antara titik api dan oksigen, jadi akan memadamkan api lebih cepat dan efisien.


Apakah bisa APAR Foam untuk kebakar kelas C ?

Kebakaran kelas C merupakan kebakaran yang disebabkan oleh gangguan listrik. Foam yang dihasilkan justru akan memperparah pembakaran karena kandungan air yang ada di dalamnya menjadi konduktor listrik itu sendiri. Jadi, jangan menggunakan APAR Foam untuk kelas C ya !


Jika, kalian ingin mengetahui kapan dan dimana APAR itu saja dibutuhkan, silahkan klik link ini ya.





364 tampilan

Comentarios


bottom of page